KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI
1.
BAHASA INDONESIA SD/MI
NO.
|
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
1.
|
|
MembacaMembaca berbagai teks nonsastra
berupa teks sederhana, laporan, pengumumsn, petunjuk pemakaian, ringkasan,
makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi,
dongeng, cerita anak, dan drama anak.
|
Disajikan teks bacaan 3 – 4
paragraf, siswa dapat:• menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa,
bagaimana, atau mengapa)
• membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu
paragraf
• menentukan ide pokok salah satu paragraf
• menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu
paragraf.
|
|
Disajikan gambar kemasan obat yang terdapatpetunjuk
pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan
umur.
|
||||
Disajikan petunjuk penggunaan
sebuah produk yangdiacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
|
||||
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa
dapatmenentukan kalimat saran dengan tepat.
|
||||
Disajikan cuplikan pengumuman,
siswa dapatmenentukan isinya.
|
||||
Disajikan teks drama, siswa dapat:• menentukan tokoh utama
•
menentukan latar
•
menentukan amanatnya.
|
||||
Disajikan paragraf yang terdiri
atas 4 kalimat, siswadapat menentukan kalimat utamanya.
|
||||
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkanisinya.
|
||||
Disajikan sebuah paragraf, siswa
dapat:• menentukan makna yang terkait di dalamnya
• mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
• Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di
dalam paragraf.
|
||||
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasiyang
disajikan.
|
||||
Siswa dapat menentukan ungkapan
sesuai ilustrasiyang disajikan.
|
||||
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan
yangterkandung di dalamnya.
|
||||
Disajikan dua teks, siswa dapat
menentukanpersamaannya
|
||||
Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta
apiberbagai jurusan, siswa dapat:
•
membuat pernyataan sesuai isi jadwal
•
menentukan kereta tertentu yang berangkat/datang lebih cepat/lambat sesusi
isi jadwal
|
||||
Disajikan puisi, siswa dapat
menentukan isi/ maksudyang terkandung di dalamnya.
|
||||
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapatmenyimpulkan
isinya.
|
||||
Disajikan cuplikan laporan, siswa
dapat:• menentukan isinya
• memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
|
||||
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa
dapatmenentukan topiknya.
|
||||
Disajikan teks satu paragraf,
siswa dapat:• menentukan ringkasannya
• menentukan temanya
• menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
|
||||
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:• menentukan
parafrase yang tepat
•
menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
|
||||
2.
|
|
MenulisMengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian,
surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan
dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya
sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun
|
Disajikan petunjuk cara membuat
sesuatu yang diacak,siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk
yang runtut.
|
|
• Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa
dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.• Disajikan dua kalimat
tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat.
•
Disajikan kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang
tepat.
|
||||
Disajikan surat undangan suatu
kegiatan yang belumlengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif
yang tepat.
|
||||
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat suratyang
disajikan.
|
||||
Disajikan cuplikan pengumuman yang
belum lengkap,siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat
kata depan yang tepat.
|
||||
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yangbelum
lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
||||
Disajikan formulir dan data isian,
siswa dapatmelengkapi formulir sesuai dengan data yang disajikan.
|
||||
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswadapat:
•
melengkapi dengan kalimat yang tepat
•
memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
|
||||
Disajikan surat resmi yang di
dalamnya terdapat katayang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan
kata yang sesuai orang yang dituju.
|
||||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkanejaan
yang salah.
|
||||
Disajikan data, siswa dapat
menentukan kalimatlaporan sesuai data.
|
||||
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap dibagian isi,
siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
||||
Disajikan gambar kegiatan, siswa
dapat menyusunsebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.
|
||||
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapidengan
kalimat yang tepat.
|
||||
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI
2.
MATEMATIKA SD/MI
NO.
|
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
1.
|
|
Memahami konsep dan
operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil
operasi hitung campuran bilangan cacah.
|
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah.
|
||||
Siswa dapat menentukan hasil
operasi hitung campuran bilangan bulat.
|
||||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
|
||||
Siswa dapat menentukan hasil
operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan.
|
||||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana
yang berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya.
|
||||
Siswa dapat menentukan urutan
berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya.
|
||||
Disajikan dua buah bilangan, siswa dapat
menentukan KPK atau FPB dalam bentuk faktorisasinya.
|
||||
Disajikan tiga buah bilangan dua
angka, siswa dapat menentukan FPB atau KPK-nya.
|
||||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan KPK.
|
||||
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan FPB.
|
||||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan
atau pengurangan bilangan pangkat dua.
|
||||
Siswa dapat menentukan hasil
penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga.
|
||||
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga.
|
||||
2.
|
|
Memahami konsep ukuran
dan pengukuran berat, panjang, luas dan volume waktu serta penggunaannya
dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan dan pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda atau
ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang disajikan dalam soal cerita
sederhana.
|
|
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan satuan debit atau satuan volum.
|
||||
Siswa dapat menentukan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ukuran berat atau satuan
luas.
|
||||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana
yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
|
||||
3.
|
|
Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur
bangun geometri dapat menghitung besar-besaran yang terkait dengan bangun
geometri (2D/3D) memahami konsep transformasi bangun datar, serta dapat
menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan bentuk
bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau
sebaliknya.
|
|
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari
gambar suatu bangun datar yang disajikan.
|
||||
Siswa dapat menentukan unsur-unsur
yang ada pada bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau
rusuk).
|
||||
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang
sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.
|
||||
Siswa dapat menentukan
jaring-jaring suatu bangun ruang.
|
||||
Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran
yang ditentukan siswa dapat menghitung luasnya.
|
||||
Siswa dapat menentukan luas
gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana.
|
||||
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran
(misal setengah lingkaran).
|
||||
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan volum kubus atau balok.
|
||||
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga
dari suatu gambar yang ukurannya diketahui.
|
||||
Siswa dapat menentukan volume
tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui.
|
||||
4.
|
|
Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak
benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat,
siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik.
|
|
5.
|
|
Memahami konsep
pengumpulan data penyajian data dengan tabel dan grafik mengurutkan data
rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan banyak data
dari suatu gambar diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah
selisih, dll).
|
|
Siswa dapat menentukan banyak data pada
diagram lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut
tertentu).
|
||||
Siswa dapat menentukan diagram
batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
|
||||
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data
yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
|
||||
Siswa dapat menentukan nilai
rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6 – 10 data).
|
||||
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari
data berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data).
|
||||
Siswa dapat menghitung nilai
rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang.
|
||||
Siswa dapat menentukan nilai median dari
sekumpulan data tunggal yang disajikan.
|
||||
Siswa dapat menentukan nilai modus
dari data yang disajikan dalam bentuk soal cerita.
|
||||
Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah
dari data yang disajikan.
|
||||
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI
3.
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami ciri-ciri
dan penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi
manusia, serta upaya pelestariannya.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi
dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu
|
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam
satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari
tumbuhan/hewan tersebut
|
||
Siswa dapat menjelaskan manfaat
hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan
|
||
Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/tumbuhan
langka
|
||
2.
|
Memahami
perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
|
Disajikan gambar hewan/tumbuhan,
siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya
|
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri
perkembangan fisik pada manusia
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi daur
hidup hewan
|
||
3.
|
Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup
|
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk
hidup (salah satu jenis simbiosis)
|
Siswa dapat menentukan rantai
makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu
|
||
Siswa dapat menentukan peran komponen
ekosistem berdasarkan gambar rantai makanan
|
||
4.
|
Memahami penyesuaian diri
pada makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan pengaruh
kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi
pada hewan/tumbuhan tertentu
|
||
5.
|
Memahami bagian tubuh
manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu
mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi
organ pada tumbuhan berdasarkan strukturnya
|
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat
menentukan fungsi bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menjelaskan proses
yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar
|
||
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa
dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang
dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menentukan urutan
aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan
gambar
|
||
Siswa dapat menentukan bagian kerangka
manusia berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat
makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia
|
||
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu
jenis penyakit pada manusia
|
||
6.
|
Memahami sifat penyusun
benda, perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap
benda dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan
siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
|
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan
untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda
tertentu
|
||
Disajikan ilustrasi tentang suatu
kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada
kegiatan tersebut
|
||
Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan
kalor yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa
|
||
7.
|
Memahami hubungan antara
gaya, gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan
sehari- hari.
|
Disajikan gambar kegiatan
tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
|
Disajikan pernyataan/gambar, siswa
dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk suatu benda
|
||
Disajikan gambar/ilustrasi suatu
kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai
digunakan.
|
||
Disajikan gambar alat musik, siswa dapat
menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut
|
||
Disajikan gambar/pernyataan, siswa
dapat menentukan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
|
||
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat
menentukan perubahan energi yang terjadi
|
||
Siswa dapat menyebutkan contoh
energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa
dapat menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar
diputus/disambung
|
||
8.
|
Mendeskripsikan berbagai
jenis sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta
dampaknya bagi kehidupan.
|
Siswa dapat mengidentifikasi
jenis-jenis tanah
|
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat
menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam
|
||
Siswa dapat menyebutkan salah satu
kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian,
perkotaan, dsb)
|
||
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya
alam yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
|
||
9.
|
Memahami sistem tata surya
bagi kehidupan.
|
Menentukan nama planet/ciri-ciri
planet dalam tata surya
|
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan
bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi
gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya
gerhana matahari/bulan.
|
||
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan
tahun masehi/tahun hijriah.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar