KISI-KISI
UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI
UJIAN NASIONAL SMP/MTs
1. ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan besaran pokok, besaran turunan
dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
|
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau
penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang
terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu
atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya,
usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan
hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada
kondisi tertentu.
|
||
Menentukan penerapan pesawat sederhana
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan
pada suatu zat.
|
||
4.
|
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran,
gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
|
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran
yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
5.
|
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan gejala listrik statis dalam
penerapan kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis
dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besarnya energi atau daya listrik
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang
dihasilkan.
|
||
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik
atau penerapannya pada transformator.
|
||
6.
|
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi
didalamnya.
|
Menjelaskan fenomena alam yang terjadi
akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
|
7
|
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul
dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
|
Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau
molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan
sehari-hari.
|
8.
|
Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat-sifat, dan
perubahannya.
|
Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau
kimia berdasarkan hasil percobaan.
|
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan
hasil percobaan.
|
||
9.
|
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
|
Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi
tubuh manusia dan lingkungannya.
|
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika
serta pengaruhnya bagi tubuh manusia.
|
||
10.
|
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk
hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
|
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
|
||
11.
|
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi
antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan
lingkungan.
|
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
|
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk
mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan
populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil
pengamatan/kasus.
|
||
12.
|
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
|
Menjelaskan sistem peredaran darah
pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang
berperan pada proses pencernaan.
|
||
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang
berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi
pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
|
||
13.
|
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
|
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada
tumbuhan.
|
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap
pengaruh lingkungan luar.
|
||
Menjelaskan proses fotosintesis melalui
percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
|
||
14.
|
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan
lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan padamakhluk
hidup.
|
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam
dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
|
||
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum
Mendel.
|
||
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan
manusia.
|
KISI-KISI
UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI
UJIAN NASIONAL SMP/MTs
2. MATEMATIKA SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat
bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, aritmetika sosial, barisan
bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi
tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan perbandingan.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat
atau bentuk akar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan
atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan
bilangan dan deret.
|
||
2.
|
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan
linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier,
serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.
|
||
Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linier dua variabel.
|
||
3.
|
Memahami bangun datar, bangun ruang, sudut, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah menggunakan teorema Pythagoras.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling
bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan
dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua
garis yang di potong garis lain.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis
istimewa pada segitiga.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan kesebangunan atau kongruensi.
|
||
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka
atau jaring-jaring bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume
bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas permukaan bangun ruang.
|
||
4.
|
Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian
atau penafsiran data.
|
||
5.
|
Memahami konsep peluang suatu kejadian serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang
suatu kejadian.
|
KISI-KISI
UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI
UJIAN NASIONAL SMP/MTs
3. BAHASA INGGRIS SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
READING (Membaca)Memahami
makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana
berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report)
dan naratif (narrative dan recount) dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan gambaran umum/pikiran
utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau
tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam
teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning,
greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement,
announcement, invitation.
|
Menentukan gambaran umum/pikiran
utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau
tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam
teks berbentuk procedure.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran
utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau
tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam
teks berbentuk descriptive.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran
utama paragraf/informasi tertentu /informasi rinci, tersurat dan atau
tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran
utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau
tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam
teks berbentuk report.
|
||
2.
|
WRITING (Menulis)Mengungkapkan
makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk
deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif
(narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi
teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi
teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
|
||
Menentukan susunan kata yang tepat untuk
membuat kalimat yang bermakna.
|
||
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat
paragraf yang padu dan bermakna.
|
KISI-KISI
UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI
UJIAN NASIONAL SMP/MTs
4. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra
(biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta,
denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan
cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 –
30-an, dan drama).
|
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
|
Menentukan persamaan isi berita.
|
||
Menentukan perbedaan penyajian berita.
|
||
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
|
||
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
|
||
Menyimpulkan isi paragraf.
|
||
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita
pendek/cerita anak.
|
||
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
|
||
2.
|
Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan
kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi,
surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk,
rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat
pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk
puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
|
Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
|
Menulis pesan singkat sesuai konteks.
|
||
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
|
||
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
|
||
Menulis rangkuman.
|
||
Menulis teks berita sesuai konteks Menulis
slogan sesuai konteks.
|
||
Menulis iklan sesuai konteks.
|
||
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
|
||
Menulis teks pidato.
|
||
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar
pustaka.
|
||
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
|
||
Melengkapi pantun.
|
||
Melengkapi puisi.
|
||
Melengkapi naskah drama.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar