KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA
1.
MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya,
menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor,
serta menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan penarikan kesimpulan dari beberapa premis.
|
Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari
pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.
|
||
2.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan
pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat, fungsi
eksponen dan grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi invers, sistem persamaan
linear, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan
persamaan garis singgungnya, suku banyak, algoritma sisa dan teorema
pembagian, program linear, matriks dan determinan, vektor, transformasi
geometri dan komposisinya, barisan dan deret, serta mampu menggunakannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menggunakan aturan pangkat, akar dan logaritma.
|
Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali
akar-akar persamaan kuadrat.
|
||
Menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi kuadrat
dengan menggunakan diskriminan.
|
||
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear.
|
||
Menentukan persamaan lingkaran atau garis
singgung lingkaran.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema
sisa atau teorema faktor.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan komposisi
dua fungsi atau fungsi invers.
|
||
Menyelesaikan masalah program linear.
|
||
Menyelesaikan operasi matriks.
|
||
Menyelesaikan operasi aljabar beberapa vektor dengan
syarat tertentu.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
besar sudut atau nilai perbandingan trigonometri sudut antara dua
vektor.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan panjang
proyeksi atau vektor proyeksi.
|
||
Menentukan bayangan titik atau kurva karena
dua transformasi atau lebih.
|
||
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau
logaritma.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi
eksponen atau fungsi logaritma.
|
||
Menyelesaikan masalah deret aritmetika.
|
||
Menyelesaikan masalah deret geometri.
|
||
3.
|
Memahami sifat atau geometri dalam menentukan
kedudukan titik, garis, dan bidang, jarak dan sudut.
|
Menghitung jarak dan sudut antara dua objek
(titik, garis dan bidang) di ruang.
|
4.
|
Memahami konsep perbandingan fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri, melakukan manipulasi aljabar untuk menyusun
bukti serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah geometri dengan menggunakan
aturan sinus atau kosinus.
|
Menyelesaikan persamaan trigonometri.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
nilai perbandingan trigonometri yang menggunakan rumus jumlah dan
selisih sinus, kosinus dan tangen serta jumlah dan selisih dua sudut.
|
||
5.
|
Memahami konsep limit, turunan dan integral dari
fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta mampu menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
|
Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan
fungsi trigonometri.
|
Menyelesaikan soal aplikasi turunan fungsi.
|
||
Menentukan integral tak tentu dan integral
tentu fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.
|
||
Menghitung luas daerah dan volume benda putar dengan
menggunakan integral.
|
||
6.
|
Mengolah, menyajikan dan menafsirkan data, mampu
memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kajadian serta
mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menghitung ukuran pemusatan dari data dalam bentuk
tabel, diagram atau grafik.
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan
kaidah pencacahan, permutasi atau kombinasi.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang
suatu kejadian.
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA
2.
MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPS/KEAGAMAAN)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami pernyataan dan ingkarannya, menentukan nilai
kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta mampu
menggunakan prinsip matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan
penarikan kesimpulan.
|
Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari
suatu pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.
|
Menentukan kesimpulan dari beberapa premis.
|
||
2.
|
Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan pangkat,
akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat dan grafiknya,
persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, komposisi dan invers fungsi, sistem
persamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret, serta
mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan hasil operasi bentuk pangkat, akar,
dan logaritma.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
grafik fungsi kuadrat.
|
||
Menentukan komposisi dua fungsi dan invers
suatu fungsi.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
kuadrat.
|
||
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
|
||
Menentukan penyelesaian dari sistem persamaan linear
dua variabel.
|
||
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
|
||
Menentukan nilai optimum bentuk objektif dari daerah
himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear.
|
||
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan program linear.
|
||
Menyelesaikan masalah matriks yang berkaitan dengan
kesamaan, determinan, dan atau invers matriks.
|
||
Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku
pertama deret aritmetika atau geometri.
|
||
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika.
|
||
3.
|
Memahami limit fungsi aljabar, turunan fungsi, nilai
ekstrim, integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menghitung nilai limit fungsi aljabar.
|
Menentukan turunan fungsi aljabar dan aplikasinya.
|
||
Menentukan integral fungsi aljabar.
|
||
Menentukan luas daerah dengan menggunakan integral.
|
||
4.
|
Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data dan
memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta
mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang
dan frekuensi harapan suatu kejadian.
|
||
Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran atau
batang.
|
||
Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data
dalam bentuk tabel atau diagram.
|
||
Menentukan nilai ukuran penyebaran.
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA
3.
MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami pernyataan dan ingkarannya, menentukan nilai
kebenaran pernyataan majemuk, serta mampu menggunakan prinsip logika
matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penarikan
kesimpulan.
|
Menentukan ingkaran atau kesetaraan suatu pernyataan
majemuk.
|
Menentukan kesimpulan dari beberapa premis.
|
||
2.
|
Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan pangkat,
akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan
kuadrat, sistem persamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret,
serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan hasil operasi bentuk pangkat, akar
dan logaritma.
|
Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.
|
||
Menentukan unsur-unsur grafik fungsi kuadrat.
|
||
Menentukan himpunan penyelesaian persamaan kuadrat.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
kuadrat.
|
||
Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.
|
||
Menyelesaikan masalah program linear.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat
operasi, determinan, atau invers matriks.
|
||
Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama dari
deret aritmetika dan deret geometri.
|
||
Menyelesaikan masalah sederhana yang berkaitan dengan
barisan atau deret aritmetika.
|
||
3.
|
Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data dan
memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi, dan peluang kejadian, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang
kejadian.
|
||
Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran atau
batang.
|
||
Menentukan ukuran pemusatan dari data pada tabel atau
diagram.
|
||
Menentukan ukuran letak data tunggal.
|
||
Menentukan ukuran penyebaran data tunggal.
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA
4.
FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami prinsip-prinsipmengukuran besaran fisika secara
langsung dan tidak langsung dengan cermat, teliti dan objektif.
|
Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur danmenentukan
hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting.
|
Menentukan besar dan arah vektor
sertamenjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.
|
||
2.
|
Memahami gejala alam danketeraturannya dalam cakupan
mekanika benda titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi, elastisitas,
impuls, momentum dan masalah Fluida.
|
Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus,
gerakmelingkar beraturan, atau gerak parabola
|
Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newtondan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi(torsi,
momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan
hukum II Newton dalam masalah benda tegar.
|
||
Menentukan hubungan usaha dengan perubahanenergi dalam
kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait.
|
||
Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitasbahan atau
menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkaitdengan hukum
kekekalan energi mekanik.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan
tumbukan, impuls atau hukum kekekalanmomentum.
|
||
Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungandengan fluida
statik dan dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Memahami konsep kalor dan prinsipkonservasi kalor, serta
sifat gas ideal, dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika dalam
penerapannya mesin kalor.
|
Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat,perpindahan
kalor, atau asas Black dalam pemecahan masalah.
|
Menjelaskan persamaan umum gas ideal padaberbagai proses
termodinamika dan penerapannya.
|
||
Menentukan besaran fisis yang berkaitan denganproses
termodinamika pada mesin kalor.
|
||
4.
|
Menganalisis konsep dan prinsipgelombang, optik dan bunyi
dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
|
Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis padagelombang.
|
Menjelaskan berbagai jenis gelombangelektromagnet serta
manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkaitdengan
pengamatan pada mikroskop atau teropong.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwainterferensi
dan difraksi.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitandengan
peristiwa efek Doppler.
|
||
Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyipada
berbagai kondisi yang berbeda.
|
||
5.
|
Memahami konsep dan prinsipkelistrikan dan kemagnetan dan
penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah.
|
Menentukan besaran-besaran fisis yangmempengaruhi medan
listrik dan hukum Coulomb.
|
Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik,
atauenergi potensial listrik, serta penerapannya pada kapasitas keping
sejajar.
|
||
Menentukan besaran-besaran listrik pada suaturangkaian
berdasarkan hukum Kirchhoff.
|
||
Menentukan induksi magnetik di sekitar kawatberarus
listrik.
|
||
Menentukan gaya magnetik (gaya Lorentz) padakawat berarus
listrik atau muatan listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen.
|
||
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGLinduksi
atau prinsip kerja transformator.
|
||
Menjelaskan besaran-besaran fisis pada rangkaianarus
bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
|
||
6.
|
Memahami konsep dan prinsipkuantum, relativitas, fisika
inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan berbagai teori atom.
|
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait denganperistiwa
efek foto listrik/efek Compton.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis terkait denganteori
relativitas.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
|
||
Menjelaskan pemanfaatan zat radioaktif dalamberbagai aspek
kehidupan.
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA
5.
KIMIA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Mendeskripsikan struktur atom, sistim periodik unsur
dan ikatan kimia untuk menentukan struktur molekul, sifat- sifat unsur dan
senyawa.
|
Menganalisis notasi unsur dan kaitannya dengan struktur
atom, konfigurasi elektron, jenis ikatan kimia, rumus molekul, bentuk molekul
dan sifat senyawa yang dapat dihasilkannya, serta letak unsur dalam tabel
periodik.
|
Menganalisis jenis ikatan kimia atau gaya antar molekul
dan sifat-sifatnya.
|
||
2.
|
Menerapkan hukum-hukum dasar kimia untuk memecahkan
masalah dalam perhitungan kimia.
|
Menyelesaikan perhitungan kimia yang berkaitan dengan
hukum dasar kimia.
|
Menganalisis persamaan reaksi kimia anorganik
dan organik sederhana.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan sifat-sifat larutan, metode
pengukuran dan terapannya.
|
Mendeskripsikan daya hantar listrik.
|
Mendeskripsikan konsep pH larutan.
|
||
Mendeskripsikan titrasi asam basa.
|
||
Menganalisis sifat larutan penyangga.
|
||
Mendeskripsikan hidrolisis garam dan Ksp.
|
||
Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif larutan.
|
||
Mendeskripsikan sistem dan sifat koloid
serta penerapannya.
|
||
4.
|
Mendeskripsikan senyawa organik, gugus fungsi dan
reaksinya, benzena, dan turunannya, dan makromolekul.
|
Mendeskripsikan senyawa karbon termasuk identifikasi,
reaksi dan kegunaannya.
|
Mendeskripsikan benzena dan turunannya
serta kegunaannya.
|
||
Mendeskripsikan makromolekul termasuk identifikasi
dan kegunaannya.
|
||
5.
|
Mendeskripsikan perubahan energi, cara pengukuran dan
penerapannya.
|
Menyimpulkan peristiwa eksoterm/endoterm
pada termokimia.
|
Menentukan kalor reaksi.
|
||
6.
|
Mendeskripsikan kinetika reaksi, kesetimbangan kimia,
dan faktor- faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari dan industri.
|
Menentukan laju reaksi.
|
Mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat memengaruhi
kinetika reaksi dan kesetimbangan kimia.
|
||
Menentukan Kc/Kp.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mendeskripsikan reaksi reduksi-oksidasi.
|
Mendeskripsikan diagram sel.
|
||
Mengaplikasikan hukum faraday.
|
||
Mendeskripsikan fenomena korosi.
|
||
8.
|
Mendeskripsikan unsur-unsur penting, terdapatnya di
alam, pembuatan dan kegunaannya.
|
Mendeskripsikan unsur-unsur penting yang ada di alam
termasuk unsur radioaktif.
|
Mendeskripsikan cara memperoleh unsur dan kegunaannya.
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA
6.
BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami hakikat biologi sebagai
ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah. |
Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
|
2.
|
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya. |
Mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok
protista/jamur. |
Mengidentifikasi peran virus/Archaebacteria/
Eubacteria bagi kehidupan manusia. |
||
Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.
|
||
Menjelaskan tujuan dari upaya pelestarian
keanekaragaman hayati tertentu. |
||
Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-
cirinya. |
||
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan
invertebrata. |
||
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan/tumbuhan.
|
||
3.
|
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem,
perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
|
Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem.
|
Menjelaskan aliran energi atau daur biogeokimia.
|
||
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan
manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
|
||
4.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta
mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
|
Menjelaskan struktur sel/komponen kimiawi sel/ proses
yang terjadi pada sel.
|
Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel
sel tumbuhan/hewan.
|
||
Mengidentifikasi jaringan tumbuhan/hewan
sesuai fungsinya.
|
||
5.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia
serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
|
Menjelaskan mekanisme gerak otot dan tulang/
sendi pada manusia.
|
Menjelaskan sistem peredaran darah
pada manusia/gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem pencernaan makanan
pada manusia/gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem pernapasan pada
manusia/ gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem ekskresi pada
manusia/ gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem regulasi pada manusia.
|
||
Menjelaskan sistem indera pada manusia.
|
||
Menjelaskan sistem reproduksi manusia.
|
||
6.
|
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses
pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil
percobaan/ pengamatan.
|
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan
dan perkembangan tumbuhan.
|
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai
karbohidrat dan kemosintesis.
|
Menjelaskan ciri-ciri/cara kerja enzim dalam
proses metabolisme tubuh.
|
Menjelaskan proses metabolisme karbohidrat.
|
||
Menjelaskan tahapan proses fotosintesis
pada tumbuhan.
|
||
Menjelaskan proses kemosintesis (respirasi anaerob).
|
||
8.
|
Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel,
penerapan prinsip- prinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
|
Menentukan susunan nukleotida DNA, RNA,
atau kromosom.
|
Menjabarkan proses sintesis protein.
|
||
Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.
|
||
Menginterpretasikan persilangan dengan hukum Mendel.
|
||
Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu
hukum Mendel.
|
||
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit
menurun pada manusia.
|
||
Mengidentifikasi peristiwa mutasi.
|
||
9.
|
Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan
sains.
|
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada
mekanisme evolusi.
|
||
10.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip dan peranan bioteknologi
pada saling temas.
|
Menjelaskan peran bioteknologi.
|
Menjelaskan contoh bioteknologi konvensional/modern.
|
||
Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan
lingkungan.
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA
7.
EKONOMI SMA/MA (PROGRAM IPS)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan
kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi, konsep ekonomi dalam
kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen, permintaan,
penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
|
Mendeskripsikan kebutuhan manusia, kelangkaan, atau
masalah pokok ekonomi.
|
Mendeskripsikan biaya peluang (hilangnya kesempatan
pada tenaga kerja) atau sistem ekonomi.
|
||
Mendeskripsikan pola perilaku konsumen
dalam mencapai kepuasan maksimal dan pola perilaku produsen dalam mencapai
laba/output maksimal, atau peran konsumen dan produsen
|
||
Mendeskripsikan pelaku ekonomi atau
interaksinya dalam suatu perekonomian (circular flow diagram)
|
||
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran atau harga
dan jumlah keseimbangan dengan tabel, grafik, atau perhitungan matematika.
|
||
Mendeskripsikan pasar barang (pasar output)
atau pasar faktor produksi (pasar input).
|
||
2.
|
Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi,
Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB),
Pendapatan Nasional (PN), inflasi, konsumsi, investasi, uang dan perbankan.
|
Mendeskripsikan ekonomi mikro dan ekonomi makro atau
masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
|
Mendeskripsikan konsep PDB, PDB harga berlaku, PDB
harga konstan, pendapatan nasional, atau pendapatan perkapita
|
||
Mendeskripsikan indeks harga atau inflasi berdasarkan
data atau grafik
|
||
Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan
atau investasi berdasarkan data, atau grafik
|
||
Mendeskripsikan konsep dan teori uang,
perbankan, atau kebijakan pemerintah di bidang moneter.
|
||
3.
|
Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya
terhadap pembangunan ekonomi, APBN dan APBD, perekonomian terbuka, serta
mengenal pasar modal..
|
Mendeskripsikan ketenagakerjaan, pembangunan ekonomi
dan pertumbuhan ekonomi, pengangguran atau dampaknya berdasarkan data atau
grafik
|
Mendeskripsikan APBN dan APBD, kebijakan pemerintah
di bidang fiskal, sumber-sumber penerimaan atau pengeluaran pemerintah.
|
||
Mendeskripsikan bursa efek atau mekanisme kerja
bursa efek
|
||
Mendeskripsikan perdagangan internasional
valuta asing, neraca pembayaran atau devisa
|
||
4.
|
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa.
|
Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem
informasi, persamaan akuntansi atau mencatat mekanisme debit dan kredit.
|
Mencatat transaksi ke dalam jurnal umum atau
buku besar berdasarkan transaksi/dokumen.
|
||
Membuat jurnal penyesuaian dan atau kertas
kerja perusahaan jasa.
|
||
Membuat laporan keuangan perusahaan jasa.
|
||
5.
|
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan
dagang dan penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang.
|
Mencatat jurnal khusus, buku besar utama, atau
buku besar pembantu perusahaan dagang.
|
Menghitung harga pokok penjualan berdasarkan data
|
||
Membuat jurnal penyesuaian dan atau kertas
kerja perusahaan dagang.
|
||
Mendeskripsikan laporan keuangan serta perhitungannya
|
||
Mencatat jurnal penutup, posting ke jurnal penutup ke buku
besar atau neraca saldo setelah penutupan
|
||
6.
|
Memahami manajemen, badan usaha dalam perekonomian
nasional, pengelolaan koperasi, dan kewirausahaan.
|
Mendeskripsikan manajemen dan badan usaha.
|
Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi, koperasi
sekolah atau menghitung pembagian sisa hasil usaha berdasarkan data.
|
||
Mendeskripsikan kewirausahaan.
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA
8.
SOSIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPS)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menjelaskan sosiologi sebagai ilmu sosial.
|
Mendeskripsikan obyek kajian, kegunaan, metode atau
ciri-ciri ilmu sosiologi.
|
Menjelaskan permasalahan sosial atau
pemecahan masalah sosial.
|
||
2.
|
Mendeskripsikan nilai, norma, dan sosialisasi.
|
Mengidentifikasi jenis/fungsi nilai atau norma sosial.
|
Menjelaskan keteraturan sosial dalam masyarakat.
|
||
Menjelaskan fungsi atau tujuan sosialisasi.
|
||
Mengidentifikasi berbagai bentuk media sosialisasi.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan interaksi sosial
dan bentuk-bentuknya.
|
Menjelaskan terjadinya interaksi atau
faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
|
Mengidentifikasi berbagai jenis interaksi sosial.
|
||
4.
|
Mendeskripsikan penyimpangan dan pengendalian sosial.
|
Menjelaskan sebab terjadinya perilaku menyimpang.
|
Mengidentifikasi berbagai jenis perilaku menyimpang.
|
||
Mengindentifikasi pengendalian sosial
melalui berbagai jenis lembaga pengendalian sosial.
|
||
5.
|
Menganalisis struktur sosial, konflik sosial dan
mobilitas sosial.
|
Menjelaskan struktur sosial dalam masyarakat.
|
Mengidentifikasi struktur sosial dalam
tahap perkembangan masyarakat.
|
||
Menjelaskan sebab atau akibat konflik sosial.
|
||
Menjelaskan proses sosial dalam penyelesaian konflik.
|
||
Mengidentifikasi berbagai bentuk, faktor
pendorong, atau faktor penghambat mobilitas sosial.
|
||
Menjelaskan saluran, cara, atau akibat dari
mobilitas sosial.
|
||
6.
|
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural.
|
Menjelaskan pembentukan kelompok sosial
dalam masyarakat.
|
Mengidentifikasi ciri atau tipe
masyarakat multikultural.
|
||
Menjelaskan hubungan struktur sosial
masyarakat multikultural dengan proses integrasi sosial.
|
||
Menjelaskan latar belakang terbentuknya masyarakat
multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat.
|
||
Mengidentifikasi perilaku yang sesuai
dengan masyarakat multikultural.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan perubahan sosial dan dampaknya.
|
Menganalisis faktor pendorong atau
penghambat perubahan sosial.
|
Mengidentifikasi jenis atau bentuk perubahan sosial.
|
||
Menjelaskan dampak positif atau dampak
negatif perubahan sosial.
|
||
Mengidentifikasi sebab perubahan sosial atau
bentuk perubahan sosial.
|
||
8.
|
Menjelaskan lembaga sosial.
|
Menjelaskan hakikat, ciri-ciri, atau fungsi
lembaga sosial dalam masyarakat.
|
9.
|
Mendeskripsikan penelitian sosial.
|
Mengidentifikasi jenis-jenis penelitian.
|
Mendeskripsikan rancangan penelitian atau melakukan
penelitian sosial.
|
||
Mendeskripsikan hasil penelitian sosial.
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA
9.
GEOGRAFI SMA/MA (PROGRAM IPS)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Mendeskripsikan hakikat, objek, ruang lingkup,
prinsip, konsep, aspek dan pendekatan geografi.
|
Menentukan penggunaan prinsip, konsep dasar, aspek,
dan pendekatan Geografi dalam mengkaji fenomena geosfer.
|
2.
|
Menganalisis sejarah pembentukan Bumi, Tatasurya, dan
Jagadraya.
|
Mendeskripsikan proses pembentukan Bumi, Tatasurya,
dan Jagadraya.
|
Mengidentifikasi planet Tatasurya dan Jagadraya.
|
||
3.
|
Menganalisis dinamika unsur-unsur geosfer serta
kaitannya dengan kehidupan manusia.
|
Menganalisis fenomena yang terjadi di lithosfer
dan pedosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
|
Menganalisis fenomena yang terjadi di atmosfer
dan hidrosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
|
||
Mendeskripsikan keanekaragaman flora dan
fauna sebagai potensi pendukung kehidupan.
|
||
Mendeskripsikan fenomena kependudukan.
|
||
4.
|
Mendeskripsikan sumber daya alam serta kaitannya
dengan kehidupan manusia.
|
Mengidentifikasi sumber daya alam yang berhubungan
dengan aspek geografi.
|
Mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam secara
arif.
|
||
5.
|
Mendeskripsikan pemanfaatan dan pelestarian
lingkungan hidup.
|
Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan
hidup.
|
Mengkaji kaitan lingkungan hidup dengan pembangunan
berkelanjutan.
|
||
6.
|
Menerapkan keterampilan dasar peta/pemetaan dalam
memahami fenomena geosfer.
|
Menerapkan keterampilan dasar pemetaan pada pembuatan
peta.
|
Menganalisis penggunaan peta untuk penentuan lokasi
kegiatan ekonomi penduduk.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan pemanfaatan citra penginderaan jauh
dan Sistem Informasi Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer.
|
Menginterpretasi citra hasil penginderaan jauh
dan pemanfaatnya sebagai sumber informasi geosfer.
|
Mendeksripsikan Sistem Informasi Geografis
sebagai media informasi fenomena geosfer.
|
||
8.
|
Mendeskripsikan wilayah dan pewilayahan di dunia.
|
Membedakan pola keruangan dan interaksi desa-desa,
desa-kota, dan kota-kota.
|
Mendeskripsikan konsep wilayah dan pewilayahan dalam
kaitan dengan pembangunan.
|
||
Mendeskripsikan karakteristik negara berkembang dan
negara maju.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar